Pengumuman Pembukaan Admisi Registrasi 2025 Ganjil dan Persyaratan Berkas Calon Mahasiswa Baru

Sehubungan dengan pembukaan Admisi dan Registrasi semester 2025/2026 ganjil (2025 ganjil) untuk program Sarjana dan Diploma, dengan ini kami sampaikan hal-hal berikut.
A. Kalender Akademik program Sarjana dan Diploma tahun akademik 2025/2026 Ganjil
- Admisi RPL dan Non RPL
RPL
Non RPL
Pendaftaran Mahasiswa Baru
19 Mei - 22 Juli 2025Pendaftaran Mahasiswa Baru
05 Mei - 05 Agustus 2025Pembayaran LIP Admisi Mahasiswa Baru
19 Mei - 23 Juli 2025Pembayaran LIP Admisi Mahasiswa Baru
05 Mei - 06 Agustus 2025Unggah Berkas Mahasiswa Baru
19 Mei - 24 Juli 2025Unggah Berkas Mahasiswa Baru
05 Mei - 06 Agustus 2025Validasi berkas Mahasiswa Baru
oleh UT Pusat
19 Mei - 27 Juli 2025Validasi berkas Mahasiswa Baru
oleh UT Pusat
05 Mei - 09 Agustus 2025 - Pemrosesan Asessmen RPL 19 Mei – 28 Juli 2025
- Sanggah Hasil Asesmen RPL 26 Mei – 04 Agustus 2025
- Registrasi Mata Kuliah mahasiswa baru jalur NON RPL 07 Mei – 08 Agustus 2025
- Registrasi Mata Kuliah mahasiswa baru jalur RPL & On going 19 Mei – 08 Agustus 2025
- Pembayaran uang kuliah mahasiswa baru jalur NON RPL 07 Mei - 10 Agustus 2025
- Pembayaran uang kuliah mahasiswa baru jalur RPL & On going 19 Mei - 10 Agustus 2025
B. Prosedur Pendaftaran Calon Mahasiswa
-
Membuat akun pada laman https://admisi-sia.ut.ac.id/auth/login sebagai Pendaftaran Calon Mahasiswa, kemudian mengisi data diri secara lengkap dan benar.
-
Melakukan verifikasi akun melalui tautan yang dikirim ke email terdaftar.
-
Masuk kembali ke laman https://admisi-sia.ut.ac.id/auth/login sebagai calon mahasiswa menggunakan email dan kata sandi yang telah didaftarkan.
-
Melakukan pembayaran tagihan admisi sesuai dengan informasi pada Lembar Informasi Pembayaran (LIP) yang tersedia.
-
Setelah pembayaran berstatus LUNAS, lanjutkan pengisian data diri calon mahasiswa dan unggah berkas wajib secara lengkap dan benar. Pastikan untuk mengklik tombol “Simpan dan Selanjutnya”.
-
Menunggu proses validasi data, maksimal dalam waktu 3 × 24 jam (hari kerja).
-
Setelah data dinyatakan valid, status akan berubah menjadi “Sudah Validasi”, dan calon mahasiswa akan memperoleh NIM, email, dan kata sandi untuk masuk ke https://myut.ut.ac.id/auth/login.
-
Jika berkas tidak valid, status akan menjadi “Gagal Validasi”, dan calon mahasiswa harus mengunggah ulang berkas sesuai ketentuan untuk diproses kembali.
-
-
Khusus calon mahasiswa program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau):
-
Setelah memperoleh NIM, lakukan validasi tahap 2 dengan memilih opsi “Melanjutkan Program RPL” atau membatalkan program RPL dengan memilih opsi “Pengunduran RPL” melalui laman https://myut.ut.ac.id/auth/login.
-
-
Calon mahasiswa RPL yang melanjutkan RPL dapat:
-
Mengunggah berkas RPL,
-
Mengisi Daftar Mata Kuliah Ajuan RPL, dan
-
Mengisi Form Evaluasi Diri secara lengkap dan sesuai.
-
-
Menunggu proses validasi berkas tahap 2 dan 3. Setelah validasi selesai, calon mahasiswa dapat melihat hasil RPL, berupa mata kuliah yang dibebaskan maupun yang ditolak.
-
Jika ada mata kuliah yang ditolak, calon mahasiswa RPL dapat mengajukan sanggahan RPL maksimal 5 hari kerja sejak tanggal keputusan. Sanggahan hanya dapat diajukan satu kali.
C. Persyaratan Berkas Wajib Calon Mahasiswa Baru
Berkas Non RPL |
Persyaratan |
KTP |
Wajib melampirkan scan berkas KTP asli/Kartu Keluarga asli/SK Disdukcapil asli |
Data pada hasil scan wajib terbaca dengan jelas |
|
Ijazah |
Lulusan SLTA: Melampirkan scan berkas ijazah yang dilegalisir cap basah oleh sekolah asal/dinas pendidikan, jika NISN pada ijazah terdaftar pada Dapodik maka boleh melampirkan scan berkas ijazah yang tidak dilegalisir |
Lulusan Diploma/Sarjana: Apabila data calon mahasiswa terdaftar pada website https://pddikti.kemdiktisaintek.go.id/ maka boleh melampirkan scan ijazah asli yang tidak dilegalisir |
|
Transkrip Nilai |
Lulusan Diploma/Sarjana: Apabila data calon mahasiswa terdaftar pada website https://pddikti.kemdiktisaintek.go.id/ maka boleh melampirkan scan transkrip nilai asli yang tidak dilegalisir |
Pastikan data mata kuliah dan IPK pada hasil scan transkrip nilai terbaca dengan jelas |
|
Pas Foto |
Wajib melampirkan pas foto formal berwarna ukuran 3x4 dalam bentuk soft file (bukan pas foto yang difoto kembali) |
Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen |
Surat pernyataan keabsahan dokumen dapat diunduh pada laman www.ut.ac.id/formulir |
Wajib membubuhkan meterai 10000 asli dan menandatangani di atas meterai, atau membubuhkan e-meterai yang dapat discan oleh Peruri Scanner dan menandatangani di sebelah e-meterai |
|
Calon mahasiswa dari UT Layanan Luar Negeri wajib mengisi alamat domisili sesuai alamat luar negeri dan mengisi alamat pada laman SIA sesuai alamat domisili luar negeri |
|
Surat Keterangan Mengajar |
Surat Keterangan Mengajar wajib dilampirkan untuk program studi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan jalur In-Service (Dalam Jabatan) |
Syarat pada berkas SKM yaitu wajib mengajar sebagai guru dengan pengalaman mengajar minimal 1 tahun |
|
Screenshot PDDIKTI |
Lulusan Diploma/Sarjana: wajib melampirkan screenshot status mahasiswa pada PDDIKTI pada laman https://pddikti.kemdiktisaintek.go.id/ dengan status "Lulus" |
Apabila data calon mahasiswa tidak terdaftar pada PDDIKTI maka wajib melampirkan Surat Keterangan Alumni yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi asal |
|
Surat Keterangan Mampu Membaca Al-Qur'an (Khusus program studi Pendidikan Agama Islam) |
Untuk lulusan Madrasah Aliyah/Pesantren tidak perlu melampirkan surat keterangan mampu membaca Al-Qur'an |
Untuk lulusan SMA umum wajib melampirkan surat keterangan mampu membaca Al-Qur'an yang diterbitkan oleh sekolah asal/TPA/rumah tahfidz/madrasah diniyah/pondok pesantren |
|
Persyaratan Khusus (RPL) |
|
RPL Transfer SKS |
|
RPL Transfer SKS |
|
RPL Perangkat Desa |
|
RPL Bintara/Tamtama/KEPOLISIAN |
|
RPL dari LKPN (Khusus jurusan asal LKPN) |
|
Keperluan informasi
Apabila terdapat pertanyaan, silakan hubungai petugas UT melalui:
- Hallo UT dengan email: hallo-ut@ut.ac.id, telepon nomor: 1500024
- Kantor UPBJJ_ UT atau UT Daerah dengan alamat yang tercantum pada website UT www.ut.ac.id. laman https://www.ut.ac.id/upbjj-ut/alamat
Syarat-syarat registrasi calon mahasiswa baru masa 2025 ganjil dapat dilihat pada link berikut.